Pedagogik berfokus pada peran guru sebagai fasilitator pembelajaran dan pengetahuan. Ini melibatkan desain kurikulum, pengembangan bahan ajar, metode pengajaran, evaluasi pembelajaran, dan interaksi antara guru dan siswa. Tujuan utamanya adalah menciptakan lingkungan belajar yang memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan siswa secara optimal. Dalam konteks pendidikan formal, pedagogik melibatkan pengembangan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik individu siswa. Ini juga mempertimbangkan faktor-faktor seperti gaya belajar siswa, tingkat perkembangan kognitif mereka, kepentingan dan motivasi mereka, serta konteks sosial dan budaya di mana pembelajaran terjadi.
Pedagogik tidak hanya terbatas pada pendidikan formal di sekolah, tetapi juga dapat diterapkan dalam berbagai konteks pendidikan non-formal dan informal. Ini dapat mencakup pelatihan di tempat kerja, program pembelajaran sepanjang hayat, dan pendidikan komunitas. Dalam praktiknya, pedagogik melibatkan perencanaan pembelajaran, penerapan strategi pengajaran yang sesuai, dan evaluasi untuk memastikan efektivitas pembelajaran. Pendekatan pedagogis yang efektif menghargai perbedaan individu dalam gaya belajar, memberikan tantangan yang sesuai, dan mendorong partisipasi aktif dan refleksi siswa.
Dalam perkembangannya, pedagogik terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan perubahan dalam paradigma pendidikan. Ini mencakup penerapan teknologi dalam proses pembelajaran, pengembangan model pembelajaran berbasis proyek, pendekatan kolaboratif, dan pendekatan inklusif yang mengakomodasi keberagaman siswa. Secara keseluruhan, pedagogik adalah bidang pengetahuan yang penting dalam memahami dan meningkatkan proses pendidikan. Ini berfungsi sebagai kerangka kerja untuk mengembangkan strategi pengajaran yang efektif, menciptakan lingkungan belajar yang mendukung, dan memastikan pertumbuhan holistik siswa.
Kumpulan soal pretest untuk peserta PPG Dalam Jabatan Tahun 2023, berikut ini merupakan kumpulan soal-soal presetest untuk "Pedagogik".
B. Penguasaan pada teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran
C. Pengembangan kurikulum
D. Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik
E. berkomunikasi pada peserta didik
2. Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah….
B. Kognitif
C. Humanistik
D. Sibernetik
E. Kontruktivisme
3. Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola),
menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan
benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar….
B. Kognitif
C. Humannistik
D. Behaviorisme
E. Konstruktivisme
4. Seorang guru yang mengembangkan tujuan pembelajaran untuk
menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam....
B. RPP
C. Silabus dan RPP
D. SKL
E. Lembar penilaian
5. Seorang guru mengajukan pertanyaan kepada siswa dengan tujuan agar siswa tersebut mengingat kembali materi pelajaran yang sudah dipelajari sebelumnya, hal tersebut termasuk kegiatan...
B. Melaksanakan tes awal
C. Memberikan bimbingan
D. Membuat kaitan
E. Meningkatkan motivasi
6. Dalam mempersiapkan pembelajaran seorang guru akan selalu bertemu dengan istilah silabus dan RPP. Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai berikut...
belajar untuk mencapai kompetensi dasar
B. Silabus bersumber dari standar isi dan standar lulusan, sedangkan RPP
bersumber dari standar kompetensi lulusan
C. RPP dibuat oleh setiap guru, sedangkan silabus dibuat oleh tim guru
D. RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satan pendidikan.
E. Dalam silabus dijelaskan metode, media pembelajaran, sumber belajar,
langkah-langkah pembelajaran, evaluasi secara rinci
7. Model pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan
bertindak kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis,
merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan
masalah yang dihadapi dengan tepat, adalah….
B. Inquiry
C. Problem Solving
D. Picture and Picture
E. Kontektual
8. Seorang guru menjumpai kebiasaan belajar yang kurang tepat yang dilakukan oleh salah seorang siswa-nya sehingga kesulitan dalam mengikuti pelajaran. Langkah awal yang tepat untuk mengatasi kesulitan belajar demikian yaitu....
prestasi belajar
B. Berikan kesempatan kepada siswa untuk mendiskusikan aspirasinya secara
rasional
C. Ciptakan iklim sosial yang sehat antara guru dengan siswa dan antar siswa
di dalam kelas
D. Susun aturan dan batasan-batasan dalam proses pembelajaran
E. Berikan kesempatan memperoleh pengalaman yang menyenangkan atau
memperoleh sukses dalam belajar meskipun prestasinya minimal
9. Setiap materi pembelajaran memiliki tingkat kesukaran yang bervariasi. Untuk memudahkan siswa memahami materi yang memiliki tingkat kesukaran tinggi guru sering memanfaatkan media pembelajaran. Misalnya, media gambar atau tayangan video yang berisi sistem peredaran darah. Fungsi media pada pernyataan tersebut adalah….
B. Menampilkan obyek yang sulit diamati
C. Membuat konkrit konsep yang abstrak
D. Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang.
E. Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan
belajar
10. Faktor yang penting dipertimbangkan oleh seorang guru dalam melaksanakan diskusi pemecahan masalah pada proses pembelajaran adalah....
B. Rumusan masalah yang harus didiskusikan
C. Jumlah peserta didik yang mengikti pembelajaran
D. Motivasi belajar siswa
E. Ruang yang tersedia
11. Seorang guru menjumpai kelas yang motivasi dan prestasi belajar siswanya rendah, hal utama yang menyebabkan motivasi dan prestasi belajar rendah karena....
lengkap.
B. Siswa pasif dalam belajar dan lebih senang bemain.
C. Siswa tidak mendapat bimbingan belajar dari orang tua.
D. Pembelajaran kurang menghargai perbedaan individu siswa.
E. Siswa cenderung lebih suka belajar dalam kelompok
12. Pada saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru dapat menyusun strategi pembelajaran dan menentukan media yang akan digunakan dalam pembelajaran tersebut. Kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang guru terkait dengan keterampilan memilih media pembelajaran adalah…
B. Guru mengetahui cara mengevaluasi pembelajarang dengan media
C. Guru harus memahami karakteristik dari media pembelajaran tersebut.
D. Guru harus menyesuaikan diri dengan kemampuan sekolah.
E. Guru menyesuaikan dengan materi pembelajaran.
13. Seorang guru harus mampu memanfaatkan media pembelajaran dan sumber belajar untuk mencapai tujuan pembelajaraan utuh. Pernyataan berikut yang benar terkait dengan media pembelajaran adalah...
B. Sebuah media dapat digunakan untuk semua kegiatan pembelajaran
C. Semua media pembelajaran sama cara pemanfaatannya
D. Media dapat digunakan sebagai pembawa pesan dalam suatu kegiatan
pembelajaran
E. Memilih media tidak perlu banyak pertimbangan agar tidak merepotkan
14. Jika guru melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintergrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya, dimulai dengan memunculkan pertanyaan penuntun (a guiding question) dan membimbing peserta didik berkolaboratif yang mengintegrasikan berbagai subjek (materi) dalam kurikulum. Pembelajaran yang dilakanakan oleh guru merupakan strategi pembelajaran....
B. Kontektual
C. Discovery Learning
D. Problem Based Learning
E. Inquiry learning
15. Seorang guru melaksanakan pembelajaran yang mengakomodasi semua anggota kelompok mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan terhadap skenario secara bebas, sehingga dimungkinkan muncul berbagai macam alternatif pendapat. Kegiatan yang dilakukan guru tersebut merupakan implementasi strategi pembelajaran ....
B. Inquiry learning
C. Discovery learning
D. Kooperatif
E. Problem based learning
16. Seorang guru mengajak siswa melakukan kunjuangan ke suatu lembaga, namun sesampai di lembaga tersebut belum ada petugas dan narasumber yang melayani. Untuk mengisi kekosongan waktu guru tersebut memulai pembelajaran dengan memilih menggunakan strategi pembelajaran ekspositori, pertimbangan guru memilih strategi tersebut yaitu....
B. Sumber belajar hanya dimiliki pendidik
C. Sedikitnya jumlah guru
D. Ruang kelas yang terbatas
E. Tidak ada sumber belajar dan media pembelajaran
17. Berikut ini merupakan langkah-langkah pembelajaran dengan model
pembelajaran project based learning :
1) Penentuan Pertanyaan Mendasar,
2) Mendesain Perencanaan Proyek,
3) Menyusun Jadwal (Create a Schedule),
4) Memonitor peserta didik dan kemajuan proyek (Monitor the Students and the Progress of the Project),
5) Menguji Hasil (Assess the Outcome),
6) Mengevaluasi Pengalaman (Evaluate the Experience).
Urutan yang benar adalah ....
B. 1-2-4-3-5-6
C. 1-3-2-4-5-6
D. 1-3-2-5-6-4
E. 1-2-3-5-4-6
18. Perhatikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang masih acak berikut ini!
1) Mengorganisasi siswa dalam belajar
2) Orientasi siswa pada masalah
3) Membimbing penyelidikan siswa secara mandiri atau kelompok
4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya Jika langkah-langkah tersebut disusun mengikuti urutan model pembelajaran Problem Based Learning, urutan langkah yang tepat adalah ....
B. 1-3-2-4
C. 2-3-1-4
D. 3-2-1-4
E. 2-3-1-4
19. Siswa melakukan kegiatan dengan berpedoman pada langkah-langkah yang telah ditetapkan guru, yaitu mengamati fenomena sosial disekeliling sekolah dan hasil pengamatan ditulis, disusun menjadi laporkan serta didiskusikan bersama guru dan teman sekelas, pilihan strategi yang digunakan….
B. Heuristik
C. Pemecahan Masalah
D. Belajar Aktif
E. Projek Based Learning
20. Seorang guru ingin membelajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif. Maka urutan tahapan yang tepat pada model pembelajaran kooperatif adalah…
B. Kuis, penghargaan kelompok, bekerja kelompok, orientasi
C. Kuis, bekerja kelompok, orientasi, penghargaan kelompok
D. Orientasi, penghargaan kelompok, bekerja kelompok, kuis
E. Orientasi, pengamatan, bekerja kelompok, kuis, penghargaan kelompok
21. Kriteria keberhasilan belajar siswa ditentukan dengan menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)/ Kreteria Belajar Minimal (KBM). KKM/KBM adalah rata-rata setiap unsur dari kriteria yang ditentukan. Untuk menentukan KKM diperlukan faktor-faktor….
B. Kemampuan guru, sarana/prasarana, dan intake siswa
C. Daya dukung, tingkat kesulitan, dan kemampuan guru
D. Kompleksitas indikator, daya dukung, dan intake siswa
E. Kemampuan guru, tingkat kesulitan kompetensi dasar, dan intake siswa
22. Seorang guru harus menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)/ Kreteria Belajar Minimal (KBM). Berikut merupakan fungsi KKM/KBM, kecuali....
pelajaran
B. Merupakan target satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap
mata pelajaran
C. Dapat digunakan sebagai bagian dari komponen dalam melakukan evaluasi
program pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.
D. Untuk bahan laporan dan kelengkapan administrasi sekolah
E. Sebagai kegiatan pengambilan keputusan yang dapat dilakukan melalui
metode kualitatif atau kuantitatif.
23. Pada proses pembelajaran seorang guru ingin melakukan penilaian terhadap prilaku siswa, maka Instrumen yang diguanakan dalam proses pembelajaran tersebut adalah….
B. Kuesioner
C. Tes tulis
D. Pedoman wawancara
E. Tes hasil belajar
24. Setiap kali diakhir pembelajaran seorang guru akan melakukan proses penilaian. Sebelum guru menyusun soal-soal untuk menilai hasil belajar siswa, manakah yang pertama kali harus dipelajari....
B. Kurikulum dan silabus
C. Karateristik siswa
D. Indikator pencapaian kompetensi
E. Kemampuan awal siswa
25. Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut….
berbeda
B. Memberikan test tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
C. Memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat
variasi yang tinggi berikut instrument testnya yang sesuai
D. Diberi soal serupak untuk memastikan tingkat keberhasilan belajar
E. Diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan
mengerjakan soal-soal yang memiliki kesulitan tinggi
B. Peniaian kinerja
C. Peniaian portofolio
D. Penilaian antar teman
E. Penilaian diri
27. Jika seorang guru ingin melakukan penilaian portofolio pada proses pembelajaran, maka Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara….
B. Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil test harian dan sumatif
tiap siswa
C. Memberikan tugas kepada siswa untuk dikerjakan di rumah
D. Mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan siswa dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar
E. Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap siswa untuk
melihat kesulitan siswa dalam memahami pokok bahasan tertentu dan
kemudian diberikan pengajaran dan test remedial
28. Setiap akhir evaluasi dimungkinkan ada siswa yang prestasi belajarnya belum memenuhi ketuntasan, sehingga guru perlu melakukan remedi. Dasar
rancangan program remedi bagi siswa yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan belajar yaitu….
Biasa
B. Tujuan Pengajaran Remedial Adalah Sama Dengan Test Diagnostik
C. Sasaran Terpenting Pengajaran Remedial Adalah Peningkatan
Kecerdasan Siswa
D. Strategi Yang Dipilih Hanya Berbentuk Test Ulang
E. Agar prestasi sekolah menjadi meningkat
29. Jika seorang guru ingin melakukan kegiatan remedi maka salah satu prinsip yang penting dipahami guru dalam merancang program remedial bagi siswa yaitu tampak dalam kegiatan berikut….
B. Menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan
memperhatikan hasil temuan analisis evaluasi belajar siswa
C. Menurunkan standar ketuntasan belajar
D. Menggunakan rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali
dengan rancangan yang ada.
E. Merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi
30. Berdasarkan data hasil evaluasi pembelajaran tentang memahami teks anekdot ternyata hasilnya tidak maksimal. Dari 30 siswa dinyatakan belum tuntas sejumlah 15 sehingga mengikuti program remedial. Sedangkan yang dinyatakan tuntas sejumlah 15 orang mengikuti program pengayaan. Kegiatan pengayaan untuk 15 siswa dapat dilakukan oleh guru dengan cara....
B. Diberikan bahan ajar berupa modul
C. Digabung dengan siswa yang belum tuntas ikut remedial
D. Melanjutkan materi pada KD selanjutnya
E. Memberi tugas mengerjakan lembar kerja siswa